Minggu, 13 Maret 2016

SIKLUS HIDUP PRODUK

Setiap perusahaan mulai dari yang kecil sampai yang besar, pasti memerlukan pemasaran dalam segala aspek. Dan di dalam pemasaran inilah perusahaan akan mengetahui seberapa jauh produknya akan diterima dan dijadikan unggulan oleh pelanggannya serta bagaimana produk tersebut mampu bersaing secara kompetitif dengan para pesaing. Di dalam pemasaran ada suatu siklus atau tahapan yang dapat membantu perusahaan untuk mengetahui dan menganalisa secara jelas sejauh mana produk yang dihasilkan dapat bertahan secara kompetitif. Proses ini dikenal dengan nama Product Life Cycle atau siklus hidup produk. Product Life Cycle pertama kali diperkenalkan oleh Levitt yang hingga saat ini masih digunakan oleh pebisnis untuk menganalisa siklus produk mereka. Konsep siklus hidup produk bisa dimanfaatkan oleh manajer agar bisa memahami dinamika produk dan pasar. Manfaat sesungguhnya bisa beragam tergantung dari situasi pengambilan keputusan. Sebagai alat perencanaan, konsep daur hidup produk bisa membantu memperjelas tantangan-tantangan pemasaran pada setiap tahap dan alternatif strategi apa saja yang bisa digunakan perusahaan. Sebagai alat pengendalian, konsep ini membantu perusahaan dalam membandingkan prestasi dengan produksi sejenis di masa lalu. Sebenarnya pola siklus hidup produk adalah selalu berubah-ubah, karena sulit menduga lamanya suatu tahap dan para manajer sendiri sering tidak bisa memastikan pada tahap apa produk mereka saat ini berada. Suatu produk mungkin kelihatannya mencapai tahap kedewasaan, padahal hanya mencapai saat mendatar pada tahap pertumbuhan untuk sementara sebelum menaiknya kurva untuk kedua kalinya. Pola daur hidup merupakan alat strategi pemasaran, bukan seperti siklus hidup organisme yang alami dan pasti. Pola siklus hidup menjadi akibat dari berbagai strategi pemasaran yang telah ditentukan perusahaan. Definisi Product Life Cycle (PLC) Product Life Cycle atau siklus hidup produk adalah perjalanan penjualan dari suatu produk dalam masa hidupnya. Siklus hidup produk merupakan suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk. Konsep Product Life Cycle Dalam menentukan strategi pemasaran terhadap suatu produk, maka perlu dianalisis mengenai PLC dari produk sejenis yang dibuat, hal ini disebabkan karena : Produk, pasar (permintaan konsumen), dan pesaing akan berubah sepanjang siklus hidup produk Produk memiliki umur yang terbatas Penjualan produk akan melalui berbagai tahap yang khas, dan masing-masing memberikan tantangan, peluang, dan masalah yang berbeda bagi penjualnya Laba akan naik dan turun pada berbagai tahap yang berbeda selama siklus hidup produk Produk memerlukan strategi pemasaran, keuangan, manufaktur, pembelian, dan sumber daya manusia yang berbeda dalam tiap tahap siklusnya

25 komentar:

  1. Apa yg dimaksud dgn proses product life cycle

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Apakah manfaat konsep siklus hidup beragam?

    BalasHapus
  4. Apakah manfaat konsep siklus hidup beragam?

    BalasHapus
  5. Siapa ya memperkenalkan product lide cycle?

    BalasHapus
  6. Siapa ya memperkenalkan product lide cycle?

    BalasHapus
  7. di mulai dari perusahaan kecil hingga besar memerlukan?

    BalasHapus
  8. siapa yang menggunakan product life cycle?

    BalasHapus
  9. Siklus hidup produk merupakan suatu konsep penting yg memberikan ??

    BalasHapus
  10. Siklus hidup produk merupakan suatu konsep penting yg memberikan ??

    BalasHapus
  11. apa yang dimaksud definisi product life?

    BalasHapus
  12. Ayoo pakk semangat lagi menulisnya supaya makin ramai warungnya bapak!!

    BalasHapus
  13. Aspek aspek apa yg di perlukan untuk membuat usaha

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. everything must be better and better, not enough only GOOD hehe

      Hapus
  16. Makasih pak atas informasinya

    BalasHapus
  17. Product Life Cycle pertama kali diperkenalkan oleh?

    BalasHapus
  18. siapa yang menggunakan product life cycle?

    BalasHapus